June 9, 2014

[Trip To] Tanjung Lesung

Ide ini diarsip di otak bagian jalan jalan waktu liburan ke kawah putih sukses dilaksanakan. Biasa cewek cewek, kalo seneng sama sesuatu ya pasti pengen lagi. Tapi berhubung semua ini masih sekedar wacana kantor semata, ya dibiarkan saja /terkekeh/

Lagipula waktu gue tanya temen-kuliah-yang-rumahnya-di-Anyer tentang pantai apa yang masih bagus, doi jawab Tanjung Lesung. Makin penasaranlah si penasaran ini [duh gue ngomong apa sih]

Pucuk dicinta ulam tiba.
Pacarnya temen Aa ngajak double date lagi dan kebetulan doi pengen ke pantai. Langsung diluncurkanlah ide ke tanjung lesung ini.

Setelah dapet hari, akomodasi dan komunikasi matang. Mulailah gue, sebagai si pencetus ide melancarkan aksi persiapan. Tanya sana sini, baca ulasan si itu dan si ini, begitu begini.

Niat kami berangkat pukul 5 pagi, tapi niat hanya niat karena kami baru masuk tol bekasi timur pukul 6.50 pada hari eksekusi [Sabtu 7 Juni]

Kenapa harus berangkat sepagi itu?
Karena 1) gak ada satupun dari kami yang pernah kesana 2) kami hanya berbekal google maps dan  papan petunjuk jalan 3) meski gue udah pelajari rute dengan matang tapi teori itu selalu lebih mudah dari prakteknya. Jadi gue ngeyel kita harus berangkat pagi untuk nyiapin waktu 'nyasar' kalo diperlukan.

Dari tol bekasi timur kami menuju lingkar dalam yang kemudian dilanjutkan ke tol jakarta-tangerang dan masuk ke tol tangerang-merak, kami keluar melalui gerbang serang timur kurang lebih 2 jam kemudian dengan keadaan jalan yang lengang. Setelah itu kami menuju serang-pandeglang dengan modal papan petunjuk jalan, ternyata petunjuk Tanjung Lesung juga sudah banyak dipasang jadi kami tinggal mengikuti saja.

Yaa walaupun Aa kekeuh pake google maps, gue tetep lebih percaya sama petunjuk jalan. Alhasil temennya Aa yang merangkap jadi driver lebih dengerin gue /nyengir/

Alhamdulillah kami sampai dengan selamat pukul 11 siang dengan perjalanan yang kebanyakan lurus dan jauh itu. Melewati beberapa kali pasar dan pantai dan pasar dan pantai lagi.

Wah dekat dong kalo cuma 4 jam?
Ya itu kalo kalian punya driver yang bercita cita jadi pembalap /ngakak/
Enggak. Gue serius, driver kami hobi banget ngambil 'kesempatan' walau bagi yang lain itu kayak mustahil. Awalnya ngeri tapi ya doi terlatih tuh /nyengir/

Tanjung Lesung itu letaknya di dalam komplek mewah gitu. Pas sampe di gerbang komplek kami disambut satpam, ditanyai mau kemana terus dikasih tiket yang harganya 10rb. Abis itu kami lanjut ke beach club yang HTM per mobilnya 75rb. Sebenernya di sini ada pantai yang lebih murah yaitu 30rb per mobil tapi beberapa sumber bilang pantainya gak terlalu oke.

Di dalam komplek mewah itu ditumbuhi pohon pohon rindang yang apik banget, jalanannya juga sepi tapi ada petunjuk jalan kok. Di sini ada resort resort mewah juga kalo kalian mau nginep.

Sampai di beach club kami bengong bengong dulu sebentar karena cuaca terik dan perut lapar.

Kami keliling pantai dan takjub, pantainya bersih, pasirnya putih dan terawat. Bahkan kalo berdiri di dermaga kalian bisa liat terumbu karang dan segerombolan ikan berenang. Ini pemandangan mahal yang pantas untuk membayar perjalanan jauh kami. Suasana pantai sendiri tidak terlalu ramai, hanya ada beberapa orang dan wisatawan asing. Rasanya mirip private beach /ketawa lari lari/

Karena panas dan enggan gosong kami memutuskan untuk mengisi perut terlebih dulu. Kami makan di resto seafood yang harganya standard harga tempat wisata, mahal. Seporsi nasi goreng seafood 40rb dan kelapa muda 15rb. Berita baiknya, rasa masakannya enak dan seafoodnya melimpah ruah. Jadi ya, ada harga ada rupa.

Yang dicari pengunjung selain pantai dan pasir putih di sini adalah water sportnya, karena pantai bodor yang 30rb itu katanya sih gak punya. Banyak banget wisata air yang ditawarkan di sini harganya mulai dari 70rb/orang sampai 7jt/trip.

Setelah menimbang dan tanya tanya, kami memutuskan untuk snorkeling. Ada dua area yang ditawarkan dengan harga yang berbeda, 70rb tempatnya di jetty dan 100rb di lagoon. Kami pilih yang 100rb, tapi akang kasirnya bilang "Air laut agak keruh karena semalam hujan, saran saya sih di jetty aja. Karena bakal sama aja"

Ya udah kita nurut. Jangan lupa bayar guide 25rb untuk satu kelompok yang minimal 4 orang.

Di perahu dalam perjalanan ke area snorkeling, kami pake life jacket, alat bantu pernapasan [snorkle], kacamata selam [mask] dan sepatu katak [fin] yang susahnya ampun ampunan. Mask gue gak bisa masuk kepala karena karetnya terlalu pendek dan gak bisa dituker karena kami udah di jalan. Panik!!! Aa berkali kali bantu pasangin tapi gak bisa juga, akhirnya Aa ngasih mask dia buat gue, aaa so sweet of you

Gue gugup, mules dan makin panik waktu kami sampai di area karena ini pertama kali gue snorkeling dan gue GAK BISA BERENANG.

Ngerti sih gue gak bakal tenggelam karena pake life jacket tapi ya gimana?? Beruntungnya si Aa jago renang.

Pas nyebur ke laut gue berusaha gak terbawa arus. Tapi lalu panik karena di laut gak ada pegangan, tiba tiba Aa megang tangan gue dan sejam selama snorkeling tangan itu gak pernah gue lepas

Ceritanya mau pamer sama ikan ikan kalo pasangan gue itu romantis, padahal mah emang takut kebawa ombak /senyum tiga jari/

Menit menit pertama gue masih belajar menguasai diri karena harus nafas dengan mulut. Menit berikutnya gue mulai menikmati snorkeling, terumbu karangnya cantik dan AKHIRNYA VINDI SNORKELING JUGA!!!

Banyak ikan ikan cantik yang gue gak tau namanya apa, ya mereka gak pake name tag juga.

Satu ikan yang pengen banget gue liat adalah nemo dan gue menemukan beberapa nemo berkat bantuan bapak guide. Kawai~

Bermenit menit di tengah laut gue mulai merasakan keram di bagian rahang karena baru pertama kali pake snorkle, sempet juga air laut masuk ke hidung dan adegan mau berdiri di terumbu karang besar yang gagal karena terbawa arus.

Capek karena gak biasa dan gak bisa berenang, sejam itu kayak sehari. Lamaaa banget. Tapi seneng karena bisa ngeliat langsung kehidupan bawah laut yang selama ini cuma bisa liat di tivi atau foto foto punya orang lain.

Sayang aja kami gak punya dokumentasi underwater atau foto di perahu :(

Kelar snorkeling tau tau langit udah teduh, ternyata kami snorkeling sejam lebih, pantes berasa lama banget /ketawa bahagia/

Udah ganti baju dan ngabisin cemilan di mobil kami jalan jalan nunggu sunset di dermaga. Sayang banget senja sore itu terhalang awan jadi gak ada pemandangan air laut oranye gitu :((

"A vacation is having nothing to do
and all day to do it in"
 Robert Orben

Postscript:
Bawa bekal makan dari rumah aja biar hemat, tapi inget sampahnya harus diurus loh. Kalo punya sih bawa alat snorkeling sendiri biar terjamin kebersihannya. Oya bawa alat pancing juga karena mancing dari dermaga itu seru banget, banyak ikan lucu :)))